Skip to main content

Aku ingin memahami mu, Dek....

Dek,
Sambil ngolah data data siang ini, ummi tiba-tiba teringat kamu. Ah, mungkin karena tadi ketemu sama temen Ummi dan dia nanyain kamu, atau karena cerita-cerita lucu dengan mu yang aku bagi dengannya tadi yang membuat aku kangen kamu, Dek.

Dek,
Ummi ngantuk banget hari ini. Semalam meladenimu ngerjain PR, nyiapin pernik pernik buat dibawa sekolah, murojaah hafalan bacaan sholatmu yang ternyata masih banyak salahnya plus nemenin baca Qur'an harian yang sampai jam 10 malam itu membuat Ummi tidak bisa tidur nyenyak. Sudah terlanjur lewat ngantuknya Ummi. Ummi malah jadi asyik menikmati wajah imutmu yang sedang tertidur pulas. Hidung mancungmu. Alis mu yang nanggal sepisan, dan juga bibir tipismu yang selalu mengeluarkan kalimat-kalimat complex, susah dimengerti, campur aduk bahasa Indonesia dan Jepang bikin Ummi harus bolak balik buka google translate daripada ketahuan oon.

Eh Dek,
Ini tentang kegemaranmu nonton. Jadi, tiba-tiba tadi sambil setengah ngantuk, setengah ndengerin temen curhat, ummi kok kepikiran itu ya. Rasa-rasanya, kami, Ummi dan Abahmu ini terlalu banyak menuntutmu, terutama soal "Jangan kebanyakan nonton".

Ya Allah Dek,
Ummi baru sadar. Kamu itu bangun tidur sudah langsung nyamber anduk buat mandi, bahkan di musim dingin yang paginya njekut kayak gini. Saat kamu sedang enak-enaknya menikmati shower air hangat itu, Ummi sudah mengganggumu, menggedor-gedor pintu kamar mandi supaya kamu segera sabunan, lalu sikat gigi, dan sudah mandinya. "Boros air, boros gas Dek!" itu kata Ummi setiap hari. Ealaaah, pagi-pagi kok ya sudah kena ceramah.

Lalu Dek,
Habis itu, kamu langsung sat set pakai baju, sarapan, kuciran, trus siap pergi sekolah. Pada deretan aktivitas itu, kamu selalu bertanya "Boleh sambil nonton ga?". Toh kalau Ummi jawab ga boleh ya kamu nurut aja, meskipun pakai bilang "Kok kayak gitu?". Haduh Dek...lha kamu ini kalau nonton shin chan aja udah kayak lagi dengerin kuliah biokimia. Seriusnya ga ketulungan, bikin nasi nugetmua kungkum air ludah lama di mulutmu. Sudah lupa kamu sama rasa sakit gigi?

Tapi Dek,
Kok tadi aku ngebayangin hidupmu di sini itu berat nian ya. Makannya, harusnya aku sama Abahmu ga usah segitu-segitu amat mbatesin kamu nonton. Lha kalaupun dihitung jam, paling kamu nonton sehari itu sejam. Lagian tontonanmu ya cuma Conan, Doraemon, Shin chan, Maruko chan. Harusnya kami mengaggap itulah caramu mengistirahatkan fisik dan jiwamu dari rutinitas yang lebih gila dari anak-anak lain. Sekolah dari jam 8 pagis ampe 3 sore. Lalu ngerjain PR di penitipan sambil main-main sampai jam 6 atau 7 malam. Baru pulang, nonton sebentar udah harus drill baca sama berhitung. Lanjut ngaji, dan lain-lain.

Ya sudahlah Dek,
Mulai nanti, Ummi akan tidak banyak berkomentar saat kamu nonton. Toh kalau kamu nonton pasti ga cuma diem aja. Yang sambil bikin origami lah. Njahit flannel lah, ngemil kripik lah. Intinya ya ga segitunya.

Ya sudah Dek, gitu aja ya... Nanti kamu pulangs ama Ibunya Reina Chan. Dingin, ummi ga bias jemput. Tak tunggu di rumah. Nanti ummi beliin strawberry mocha sama tak buatin udon buat nemenin kamu nonton. Tapi ingat dek, jangan lama-lama nontonnya. Jam 8 matiin kita lanjut baca ya..Ok?

Comments

Popular posts from this blog

Kafunsho, alergi pollen yang datang setiap tahun

Sudah sejak pertengahan Maret tahun ini saya merasakan siksaan setiap pagi yang bersumber dari hidung. Siksaanya berupa hidung meler dan gatel. Melernya itu bening dan banyaaaaak. Banyak banget lah pokoknya sehingga setiap pagi saya harus membawa serta tisyu kemana-mana bahkan ketika harus nongkrong di toilet. Saya kira saya kena flu, makannya saya minum sanaflu. Demikian kata mab Desy Ratnasari ya hehehe. Cuma yang aneh kok kalau saya flu tapi kenapa badan rasanya biasa aja. Ga kayak orang sakit flu gitu. Ok, sanaflu ga mempan maka saya beralih kepada vitamin C. Hampir setiap hari minum UC 1000. Saya agak khawatir juga sama ginjal karena 1000 mg itu guedeee banget lho. Ditambah saya ga begitu suka minum air bening yang fungsinya buat netralisir. Pak guru sempet bilang " Kamu kafun kali... kan sudah tahun ke-5 ini " Tapi saya tetep ga percaya. Masak iya sih kafun pas di tahun terakhir. Perasaan dari tahun tahun sebelumnya ga kayak gini deh masak tahun ini baru mulai.

Buat kamu yang masih ragu menulis di mojok. Iya kamu!

Beberapa pecan yang lalu tulisan ku lolos meja redaksi mojok.co (link nya http://mojok.co/2016/03/surat-untuk-bu-ani-yudhoyono/ ). Web favorit anak muda yang agak nyleneh tapi asyik ini memang menantang sekali. Para penulisnya kebanyakan anak muda-muda yang berdaya nalar mletik. Pinter tapi unik. Yang sudah berumur ada juga sih, kayak si Sopir truk Australia, atau kepala suku Mojok, Puthut EA dan juga wartawan senior Rusdi Mathari. Mereka itu guru maya menulis yang baik. Tulisan mereka, kecuali si supir truk, mengalir dengan indah. Sederhana tapi penuh makna. Alurnya jelas. Kalimatnya mantap tidak pernah bias. Aku selalu dibuat kagum dengan tulisan-tulisan mereka, bahkan yang hanya status Fb. Yang selalu menjadi icon dan lumayan bullyable di mojok itu adalah Agus Mulyadi. Anak muda yang terkenal karena kemrongosan giginya ini selain jadi photosop juga jago nulis. Tulisan-tulisannya di Blog pribadinya khas sekali. Dengan umpatan-umpatan khas magelangan. Plus cerita-cerita lugu yang

Beda Negara, Beda Kota, Beda Vibes-nya [Part 1]

Ga nyampe dua bulan udah mau kelar tahun 2023 ini. Doa-doa di akhir tahun lalu dikabulkan dengan bonus-bonus yang luar biasa. Minta tahun 2023 diisi dengan banyak jalan-jalan, eh beneran dikasi banyak perjalanan baik dalam provinsi beda kabupaten sampe ke luar negeri. Kadang sehari bisa dari pagi mruput ke timur selatan naik-naik ke Gunung Kidul, agak siang turun ke utara kembali ke Sleman, lalu sorenya udah harus ke barat meskipun tujuannya bukan mencari kitab suci. Ada banyak banget PR menulis yang belum sempat dikerjakan. Baik menulis paper maupun menulis catatan perjalanan. Biar ikut les menulisnya itu adalah sibgha hnya ya 👀. Oke lah kita mulai mengerjakan PRnya satu-satu. Tadi pas nongkrong sempet kepikiran mo berbagi kesan saat jalan-jalan ke berbagai negara tahun ini. Kesan ini tentu sifatnya sangat subjektif ya. Masing-masing orang bisa menangkap kesan yang berbeda. Ini menurutku saja, mungkin kamu berbeda, ga papa ga usah diperdebatkan.  1. Bangkok, Thailand     Sampai Bangk