Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2016

Mengenang satu dasawarsa gempa Jogja dan cerita kita

Pagi itu, saya sedang ada di Selo, bukan di Jogja. Pagi itu, posisi saya sedang jongkok di salah satu tempat paling sakral di rumah kami, yaitu WC, ketika tiba-tiba genteng rumah saya seperti sedang diadu. Bunyinya kretek kretek kretek...dan semakin keras, lalu rumah mulai bergoyang.

Saya dan tetangga berhamburan keluar rumah. Tentu saja setelah melakukan thaharah sesuai prosedur, tidak ada yang kurang. Kami mulai melihat ke arah timur, dimana Gunung Merapi pagi itu terlihat tegang juga. Memang sudah berhari-hari Merapi mengerang kesakitan. Sesekali menumpahkan lahar panas yang terlihat merah ndledek dari puncaknya setiap malam habis Isya. Jelas sekali dari pintu masjid Al-Fajar depan rumah. Dan guncangan itu, awalnya kami kirakan asalnya, dan musababnya ya dari sang Merapi. Tapi ternyata bukan.

Saya lalu menelpon teman kantor saya, Ari Ikrar, yang posisinya di Jogja. Saya tanya kondisi Jogja. Saya tanya kondisi kampus. Dia bilang Jogja porak poranda, terutama bagian selatan, Bantul…

Ananas in a taart ---- Nastar

Gimana? Kelihatan enak kan? hihihi

Yup...itu kue nastar. Kue yang menurut wikipedia adalah sejenis kue kering dari adonantepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas ini ternyata berasal dari bahasa Belanda, yaituananas dan taart.Di negara asalnya, kue ini biasanya berisi blueberry ataupun strawberry. Apalacur, sewaktu mereka menjajah Indonesia zaman dahulu, ga ada itu blueberry dan strawberry di Indonesia. Nah, ketemulah buah nanas. Jadilah buah nanas yang dinominasikan sebagai satu-satunya kandidat pengganti si Berry. Selanjutnya, kue ini pun mengalami modifikasi. Orang Indonesia gitu loh, dulu krupuk yang cuma bisa digoreng aja sekarang bisa dibikin seblak, nah apalagi yang ginian. Isian nastar sekarang sudah macem-macem, dari mulai dure, strawberry, coklat, keju, dan tentu saja nanas tetap tak tergantikan.

Setahu saya, nastar buatan Bue Yunit itu di atasnya selalu ada cengkehnya. Jadi kalau makan kudu mitilin cengkehnya biar ga ikut kemanakan. Tapi...sekar…

Where anyone can be anything, Zootopia

Udah nonton Zootopia?

Saya sudah dong... Biasalah, dapet link streaming movie yang bagus, langsung deh nonton yang ini duluan. Soalnya dulu pernah baca tulisan di Kompasiana yang bikin resensi film ini dan cukup recommended untuk ditonton.

Seperti biasa, nonton film yang durasinya panjang  begini (108 menit) itu dilakukan secara estafet. Disambi masak. Disambi lipet-lipet baju. Disambi njemur-njemur, daaan disambi di toilet pagi-pagi *hihihi

Film kartun yang dilaunching pertama kali di US bulan Maret lalu ini memang sebagus film-film Walt Disney yang lain. Selalu ada hidden message yang coba di ceritakan secara apik dan menarik. Dan kali ini, mereka bicara tentang Bullying. Paling tidak itu salah satu yang saya tangkap.

Bullying memang sedang jadi momok di belahan bumi mana saja. Kampanye anti bullying, terutama pada anak sekolah, marak dilakukan pihak-pihak terkait. Bahkan di salah satu episode drama korea (adduhh...) yang berjudul "memori" ada kisah perjuangan orang tua …

When we were young

Lagi demam AADC?2 nih. Jadi inget juga masa-masa waktu masih muda. Eit..sekarang juga saya masih muda lho ya...cuma orang jujur yang bilang saya udah tua.

Tapi, apa sih yang bikin  kamu inget zaman mudamu dari melihat AADC?

Emm...yg pasti bukan masalah cinta-cintaannya yah...kami ini kan gadis baik-baik, ga kenal lah cinta-cintaan macam begituan. Pelajar teladan no 2 gitu lho...yg ada juga belajar dan belajar. Hahaha... takut digebukin temen-temen SMA yg baca ini nanti. *Sok banget sih ni anak

Satu hal yang bikin saya keinget sama masa-masa SMA itu adalah si genk Cinta itu sendiri. Secara yah, dulu saya punya genk juga gt di SMA. Tapi emang waktu itu kayaknya semua anak punya genk deh. Dari genk yang cupu-cupu sampe yang keren-keren. Ada genk anak-anak tajir plus cantik-cantik, ada juga genk anak-anak yang renking 1 or 2 gitu lah. Ga cowok ga cewek nge-genk.


Nah, itu anggota genk saya hahaha....

Yang selalu bikin emezing itu yah, kok dulu kami-kami ini kepikiran gitu buat poto studio h…

Edisi curcol; Benci tapi (bikin) rindu

Buat yang sekarang sedang sekolah, pasti tauuu banget dengan perasaan saya sekarang ini. Pingin segera kelar, tapi ga pingin segera pergi. Hallah..opo jal??
Buat yang sedang berencana sekolah lagi. Ini sekedar saya kasih gambaran, biar ga dikira sekolah kok gaweane gur pota poto jolan jelen, kui sekolah po pariwisata??
Saya selalu bilang ke adek-adek mahasiswa, baik dulu ketika di UGM maupun beberapa waktu lalu di UNY, bahwa, semua tugas, laporan kuliah, skripsi atau apapun namanya tugas akhir itu memang memuak-kan, tapi...pasti suatu saat akan dirindukan. Jadi, dinikmati saja.
Terdengar bijak sekali....
Saya bisa bilang begitu tentu karena saya sudah mengalaminya sendiri. Waktu saya S1 dulu, saya suka dibikin sebel sama tugas yang banyak, laporan yang menumpuk, ujian yang bikin keder sejak dalam pikiran, pokoknya kalau bisa di skip, pinginnya langsung lulus aja.
Eee tapi...pas udah lulus, dan saya sempet jadi asdos di UGM, nglihat adek-adek mahasiswa (yang sekarang sudah jadi orang-orang…