Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2017

Rabu Jalan -- Ikan koi di Tsuwano

Waah...udah Rabu lagi nih....

Rabu kali ini saya akan melanjutkan cerita dari perjalanan Rabu pekan lalu. Iyes, tujuan utama naik SL adalah memang untuk pergi ke Tsuwano.

Tsuwano sendiri sebenarnya sudah tidak berada di wilayah Yamaguchi, tetapi lebih tepatnya masuk ke dalam wilayah Shimane. Perjalanan menggunakan SL dari Yudaonsen ke Tsuwano, plus berhenti-berhentinya ya, itu sekitar 2 jam 30 menit. Lumayan kan boo....lumayan banget untuk tidur di kereta maksudnya hehehe. 2 jam itu kalau pergi sendiri emang ngebosenin sih. Sudah segala gaya, tetep aja ga nyampe-nyampe. Waktu kemarin sama Nasywa juga kita udah mati gaya tuh sebelum sampe. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk tidur.

Saya dan Nasywa memang ga begitu bisa menikmati perjalanan. Karena, definisi liburan bagi kami itu ya di rumah, tidur, makan, nonton, makan, tidur, dan glundang-glundung. Liburan yang diisi jalan-jalan itu bagi kami bukan liburan juga hahaha. Makannya Nasywa paling ga mau diajak jalan-jalan kalau harus ber…

Rabu Jalan -- Naik kereta uap tuut tuut tuut^^^

Hai hai...ketemu Rabu lagi dan ketemu dengan rubrik Rabu Jalan....

Kali ini saya akan berbagi cerita perjalanan kami naik SL (Steam Locomotive) dari Yudaonsen station ke Tsuwano. Ga jauh-jauh ya, ini masih di seputaran Yamaguchi juga. Kota kecil yang sejuk, damai dan tenang cocok buat belajar. hihihi promosi nih ye...

Bulan April lalu, Pemerintah provinsi bekerjasama dengan pihak kampus menyelenggarakan event jalan-jalan naik kereta SL ke Tsuwano dengan biaya yang disubsidi oleh pemerintah. Tentu saja tujuan utamanya adalah mempromosikan tempat-tempat wisata, yang salah satunya adalah Tsuwano (Tsuwano letaknya di kota sebelah yaitu Shimane), plus moda transportasinya yang lumayan antik yaitu SL atau kereta uap. Yang boleh ikut tentu haruslah mahasiswa asing dan atau family-nya. Diharapkan mahasiswa itu nantinya bisa ikut mempromosikan objek wisata Yamaguchi di negaranya. Nah...karena sudah dibayarin, jadilah saya nulis ini sebagai bentuk rasa tanggungjawab juga...


SL Yamaguchi sendiri…

Rabu Jalan -- Ichinosaka gawa saat musim sakura

Rubrik baru di blog ini adalah...Rabu Jalan. Sebenernya mau dikasi nama Jalan-jalan, cuma karena rencana mau diposting setiap rabu jadinya digabung aja jadi Rabu Jalan.

Di rubrik jalan-jalan saya akan bercerita tentang spot-spot yang sudah pernah dikunjungi baik di Jepang maupun (nanti) di Indonesia. Kalau sempet nulisnya hahaha penting ya itu, mohon digaris bawahi sendiri.

Untuk edisi perdana jalan-jalan kali ini saya akan sedikit (kalau banyak-banyak takut kehabisan ide nulis) cerita tentang Ichinosaka gawa atau sungai Ichinosaka terutama saat musim sakura. Kenapa saat musim sakura? Soalnya kalau lagi ga musim sakura, sungai ini ya biasa aja kayak sungai-sungai yang lain di dunia. Ada batunya, ada airnya, ada rumputnya. Yang istimewa adalah di sepanjang sungai ini tumbuh berderet-deret pohon sakura, dari ujung keee ujung.

Ada satu waktu lagi yang istimewa dari sungai ini, yaitu saat musim panas dan ada festival Hotaro alias kunang-kunang. Biasanya pada beberapa malam di awal musim p…

When we were young -- Pak Makno

Selamat hari Minggu... di sini sedang hari Ibu lho... Nah pas weekend gini enaknya nulis yang agak-agak berbau kenangan... cieeeee

Hari kamis pekan lalu saat golden week, saya sedang bersiap naik sepeda ketika tiba-tiba ada panggilan WA masuk. Dari kakak saya, Mbak Laela Pranowo. Saya tidak menerima panggilan itu, tapi saya kirimkan pesan. Saya bilang "Aku lagi neng njobo e, nopo? (aku lagi di luar, ada apa?)" dan dia pun membalas "Pak Makno nakokke kowe, dilit wae (Pak Makno nanyain kamu, bentar aja)". Saya pun kembali menyetandarkan sepeda merah itu dan bersiap menerima panggilan video call dari Mbak Iti.

Di seberang sana, ada wajah yang tak pernah berubah. Jika rambutnya tak putih, tentu saya akan bisa bilang beliau masih terlihat muda seperti saat 23 tahun yang lalu. Senyumnya masih sama. Intonasi suaranya masih sama. Sama seperti dulu beliau selalu menyapa saya "Oh, kok saiki tambah lemu (Oh, kok sekarang tambah gemuk)" kata beliau sambil tersenyum. …

Kafunsho, alergi pollen yang datang setiap tahun

Sudah sejak pertengahan Maret tahun ini saya merasakan siksaan setiap pagi yang bersumber dari hidung. Siksaanya berupa hidung meler dan gatel. Melernya itu bening dan banyaaaaak. Banyak banget lah pokoknya sehingga setiap pagi saya harus membawa serta tisyu kemana-mana bahkan ketika harus nongkrong di toilet. Saya kira saya kena flu, makannya saya minum sanaflu. Demikian kata mab Desy Ratnasari ya hehehe. Cuma yang aneh kok kalau saya flu tapi kenapa badan rasanya biasa aja. Ga kayak orang sakit flu gitu. Ok, sanaflu ga mempan maka saya beralih kepada vitamin C. Hampir setiap hari minum UC 1000. Saya agak khawatir juga sama ginjal karena 1000 mg itu guedeee banget lho. Ditambah saya ga begitu suka minum air bening yang fungsinya buat netralisir.

Pak guru sempet bilang "Kamu kafun kali... kan sudah tahun ke-5 ini" Tapi saya tetep ga percaya. Masak iya sih kafun pas di tahun terakhir. Perasaan dari tahun tahun sebelumnya ga kayak gini deh masak tahun ini baru mulai. Cuma mem…

The power of melamun

Lama sekali tidak menulis di sini. Sudah beberapa bulan ini memang waktu, tenaga dan dipikiran terkuras habis untuk menyeleseikan pernak pernik disertasi. Dokumennya itu boooo banyak banget dan ga boleh salah setitikpun atau kamu ga bakal lolos screening untuk ujian. Lebih lelah lagi karena juga harus bergulat dengan hati ku yang selalu saja bolak balik ga karuan. Kadang semangat, optimis dan gembira, tapi kadang mengharu biru dan malas tanpa sebab. Kadang takut juga, bisa ga ya bisa ga ya... dan lain lain yang mengganggu banget.

Sejak akhir Maret lalu, setelah perjalanan ke Tokyo buat urus perpanjangan pasport, saya udah nyusun rencana mau nulis ini itu. Termasuk tips kalau mau jalan ke Museum doraemon atau ke Disney land. Cuma ya itu tadi, mendadak di minggu pertama April sudah langsung jederrr jederrr jadwal ini itu bertubi-tubi, dan tiba-tiba isi kepala menjadi berantakan.

Bagaimana kah sekarang?

Alhamdulillah satu persatu mulai tertata. Satu persatu di seleseikan sambil duduk, be…