Skip to main content

Buat kamu yang masih ragu menulis di mojok. Iya kamu!

Beberapa pecan yang lalu tulisan ku lolos meja redaksi mojok.co (link nya http://mojok.co/2016/03/surat-untuk-bu-ani-yudhoyono/). Web favorit anak muda yang agak nyleneh tapi asyik ini memang menantang sekali. Para penulisnya kebanyakan anak muda-muda yang berdaya nalar mletik. Pinter tapi unik. Yang sudah berumur ada juga sih, kayak si Sopir truk Australia, atau kepala suku Mojok, Puthut EA dan juga wartawan senior Rusdi Mathari. Mereka itu guru maya menulis yang baik. Tulisan mereka, kecuali si supir truk, mengalir dengan indah. Sederhana tapi penuh makna. Alurnya jelas. Kalimatnya mantap tidak pernah bias. Aku selalu dibuat kagum dengan tulisan-tulisan mereka, bahkan yang hanya status Fb.

Yang selalu menjadi icon dan lumayan bullyable di mojok itu adalah Agus Mulyadi. Anak muda yang terkenal karena kemrongosan giginya ini selain jadi photosop juga jago nulis. Tulisan-tulisannya di Blog pribadinya khas sekali. Dengan umpatan-umpatan khas magelangan. Plus cerita-cerita lugu yang juga lagi-lagi membuat kita mantuk-mantuk setuju lalu tersenyum mentertawakan Agus, dan tentu saja kita.

Sempet kepikiran dan gegabah mengambil kesimpulan. Bahwa menulis di mojok itu biar bisa dimuat haruslah memasukkan umpatan-umpatan dan nama-nama hewan. Secara memang, banyak penulis lain yang kok rasanya jadi fasih sekali mengumpat dan menghewan-hewankan sesuatu kalau sudah nulis buat mojok. Dan itu lanjut di status atau komen-komen mereka yang juga selalu memunculkan satu potong atau dua potong umpatan plus beberapa nama hewan ikut dibuat terkenal.

Selain untuk menjadi penulis mojok harus fasih mengumpat dan menyebutkan nama-nama hewan, dia juga harus berani nyinyirin orang dan atau peristiwa. Ya memang mojok itu tulisannya kebanyakan nyinyir atau satire. Jaraaaaaang banget yang tulisannya berisi nasehat pernikahan atau urusan keagamaan. Eh mbak...ini mojok lho, bukan piyungan!. Oh maaf....

Tapi lama-lama, entah karena mengikuti trend hidup masa kini atau memang karena kehabisan stok tulisan, mojok mulai menampilkan tulisan yang ga gitu-gitu amat. Meskipun masih sedikit nakal ya, tapi nakalnya maton. Sesuailah sama tagline nya mojok.co "Sedikit nakal, banyak akal". Makannya itu lalu, saya yang aliran menulisnya utara selatan sama para penulis mojok memberanikan diri menulis untuk mojok.

Ide itu memang muncul seketika setelah saya melihat postingan teman fb tentang si Ibuk. Mak bedunduk gitu langsung kepikiran "Ih, coba ya itu dibikin tulisan begini". Dan ide itu menggila, membuat acara mencuci piring saya terasa lebih singkat dari sebelumnya. Sayangnya, hati kecil saya berbisik manja "Oi, pasti juga sudah ada yang nulis itu". Lalu saya pun segera menggelar kasur, menata bantalnya, mematikan lampu, gletak dan narik slimut. Tidur.

Paginya...sampai di meja kantor, langsung ngecek tulisan barunya mojok. Oalah jebul yang muncul malah mars pelindo. Saya yang denger aja belum, jadi penasaran banget sama bunyi mars pelindo. Kan ga hits banget untuk membuka hari kerja saya itu.

Berhubung hari itu pak guru sedang di luar negeri, bolehlah saya sedikit nakal nulis-nulis di luar topik kerjaan saya sehari-hari. Susah nggak mbak? Untuk dibilang gampang memang tidak mungkin. Lha saya ini sejarahnya banyak menulis tentang hikmah (sok berhikmah :p), terus tips-tips menjadi ibu yang baik, terus cerita fiksi, kok harus menulis yang agak nakal itu...bukan gue banget tauu!! Apalagi yah, gaya nakal tulisan itu haruslah keluar dari genrenya para ponggawa dan penulis pendahulu mojok. Itu mustahil banget.

Emejingnya... saya yang untuk menulis satu paragraph untuk paper saya butuh waktu seminggu, ini ga sampai se-jam sudah hampir 3 halaman. Luar biasa sekali bukan? Ternyata energi kenakalan itu lebih mudah disalurkan dibandingkan dengan energi keseriusan.

Tapi lagi-lagi, untuk mu yang masih ragu. Coba baca sekali lagi tulisan kepala suku mojok di blok mojok. Di sana, meski sambil guyon, Mas Puthut serius sekali bilang bahwa tulisan di mojok itu harus punya kekuatan. Meskipun lucu, tur saru, tapi kalau ga kuat ya ga cukup setrong lah untuk mendulang pembaca.

Dan setelah sedikit dibikin terharu karena tulisan saya dimuat di mojok, saya langsung nge-wa suami saya."Abah, coba nanti mampir ATM, cek saldo ummi sudah nambah berapa juta".

Yamaguchi, April 6th 2016

Comments

  1. apa harus menyertakan gambar untuk nulis di mojok?

    ReplyDelete
  2. Mba, saya punya esai tapi saya tidak punya desain gambar seperti tulisan-tulisan lain di Mojok. Apakah tetap dapat dikirimkan atau harus menyertakan gambar? Mohon dijawab Mba. Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. hmm ..kalo ngirim naskah ke mojok apa kita cuma ngirim naskah tulisann nya doang atau uda seperti artikel pada umumnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kafunsho, alergi pollen yang datang setiap tahun

Sudah sejak pertengahan Maret tahun ini saya merasakan siksaan setiap pagi yang bersumber dari hidung. Siksaanya berupa hidung meler dan gatel. Melernya itu bening dan banyaaaaak. Banyak banget lah pokoknya sehingga setiap pagi saya harus membawa serta tisyu kemana-mana bahkan ketika harus nongkrong di toilet. Saya kira saya kena flu, makannya saya minum sanaflu. Demikian kata mab Desy Ratnasari ya hehehe. Cuma yang aneh kok kalau saya flu tapi kenapa badan rasanya biasa aja. Ga kayak orang sakit flu gitu. Ok, sanaflu ga mempan maka saya beralih kepada vitamin C. Hampir setiap hari minum UC 1000. Saya agak khawatir juga sama ginjal karena 1000 mg itu guedeee banget lho. Ditambah saya ga begitu suka minum air bening yang fungsinya buat netralisir. Pak guru sempet bilang " Kamu kafun kali... kan sudah tahun ke-5 ini " Tapi saya tetep ga percaya. Masak iya sih kafun pas di tahun terakhir. Perasaan dari tahun tahun sebelumnya ga kayak gini deh masak tahun ini baru mulai.

Beda Negara, Beda Kota, Beda Vibes-nya [Part 1]

Ga nyampe dua bulan udah mau kelar tahun 2023 ini. Doa-doa di akhir tahun lalu dikabulkan dengan bonus-bonus yang luar biasa. Minta tahun 2023 diisi dengan banyak jalan-jalan, eh beneran dikasi banyak perjalanan baik dalam provinsi beda kabupaten sampe ke luar negeri. Kadang sehari bisa dari pagi mruput ke timur selatan naik-naik ke Gunung Kidul, agak siang turun ke utara kembali ke Sleman, lalu sorenya udah harus ke barat meskipun tujuannya bukan mencari kitab suci. Ada banyak banget PR menulis yang belum sempat dikerjakan. Baik menulis paper maupun menulis catatan perjalanan. Biar ikut les menulisnya itu adalah sibgha hnya ya 👀. Oke lah kita mulai mengerjakan PRnya satu-satu. Tadi pas nongkrong sempet kepikiran mo berbagi kesan saat jalan-jalan ke berbagai negara tahun ini. Kesan ini tentu sifatnya sangat subjektif ya. Masing-masing orang bisa menangkap kesan yang berbeda. Ini menurutku saja, mungkin kamu berbeda, ga papa ga usah diperdebatkan.  1. Bangkok, Thailand     Sampai Bangk