Skip to main content

Jalan-jalan di Jogja, sholatnya di mana?

Waktu kami tinggal di Jepang, untuk sekedar keluar jalan-jalan kami harus pandai-pandai mengatur waktu. Atau lebih tepatnya mengelola waktu. Jika jaraknya lumayan jauh, dan sholat bisa dijamak, maka itu akan terasa lebih menguntungkan dibandingkan jika hanya pergi jarak beberapa kilometer saja namun karena harus ditempuh dengan naik sepeda maka waktu tempuhnya menjadi lama. Apalagi jika tujuannya adalah main ke mall atau ke taman bermain atau melihat festival, ada banyak pertimbangan yang harus kami lakukan, terutama yang menyangkut dua pertanyaan. Kapan dan di mana sholat?

Kapan? Tentunya saat waktu sholat sudah masuk. Namun, masuknya waktu sholat belum tentu klop dengan kodisi di lapangan. Ini berkaitan dengan pertanyaan kedua, di mana?

Di mana kami akan atau bisa sholat?

Untuk pertanyaan ini, ada banyak pilihan jawaban sebenarnya. Jika posisinya ada di luar ruangan, maka semua sudut parkiran, atau tempat teduh di taman, atau bahkan pinggir sungai yang tenang dapat dijadikan the perfect place yang kita cari itu. Kalau posisinya ada di dalam ruangan, terutama mall, maka ruang ganti atau fitting room adalah tempat yang paling sempurna. Selain tertutup, kebanyakan fitting room di mall-mall jepang mensyaratkan pengunjungnya melepas alas kaki ketika masuk. Jadi boleh dibilang tempat ini lumayan bersih, meskipun, ya belum terjamin kesuciannya. Namun, jangan khawatir, kita bisa membentangkan jaket, atau slayer atau juga sajadah jika kebetulan bawa. Dan pertanyaan kedua sudah ditemukan jawabannya. Perfectly!!

Memangnya kalau sholat di taman atau di parkiran ga pada dilihatin orang?

Kita mah udah biasa jadi bahan tontonan. Secara dari penampilan aja udah beda banget. Samalah kayak kalua di Jogja kita lihat bule Amerika atau Eropa yang pakai baju minimalis jalan-jalan ke Kauman. Kami pernah sholat di parkiran sepeda depan Avail. Dan sukses jadi tontonan orang yang lalu lalang. Tapi ya udah, mereka cuma nengok aja sambal pasang muka penuh tanda Tanya. Itu orang gila dari mana?? Kira-kira begitu. Pernah malah sholat di sebelah parkiran mobilnya Hardoff, dilewati banyak orang juga untungnya ga dipanggilin polisi. Well, begitulah Japanese, as long as you do not disturbing them, woles aja. Mau aneh asal aneh sendiri dan jangan ngajakin guwe….hehehe

Nah, untuk menghindari hal-hal yang absurd begitu, biasanya kami, eee saya sih maksudnya, suka pergi-pergi setelah sholat dzuhur teng kalau ke mall apa ke taman yang bisa dijangkau pake sepedaan. Lumayan waktunya longgar, dan kalaupun harus molor, terus ga bisa dapet tempat yang “aman dan nyaman” untuk sholat, masih ada jeda waktu Ashar ke Maghrib yang juga agak longgar.
Oke, beda di sana beda lagi kebiasaan di sini, Jogja. Meskipun masih suka kebawa-bawa, tiap mau pergi pertanyaan yang dilontarkan “Ntar kita sholat di mana?”, tapi jawabannya bisa ditemukan dalam waktu yang cepat. Ya, di Masjid. Ga usah khawatir harus neggelar jaket di lapangan pinggir kali, atau sembunyi-sembunyi dalam ruang pass, mau milih masjid yang besar ada, mushola ada, yang pinggir jalan ada, yang agak masuk juga ada.

Dan tulisan ini, bertujuan untuk memberikan gambaran beberapa masjid yang bisa dijadikan tempat singgah untuk sholat. Tentu saja, masjid-masjid yang kami sebutkan adalah masjid yang biasa kami singgahi. Kriterianya, tempat wudhunya, terutama yang wanita, harus tertutup. Trus mukenanya juga banyak dan bersih, serta gampak akses motir dan atau mobilnya. 

1. Masjid Al-Muttaqien

(Foto diambil dari google maps)

Kalau kamu sedang bepergian menuju arah dari Jogja atau sebaliknya, trus mau sholat, kamu bisa merapat ke masjid ini. Masjid Al-Muttaqien ini letaknya di jalan Magelang, tepatnya di seberang UTY FM (dulunya radio PTDI Medari). Meskipun letak masjid ini di bawah (lebih bawah dari posisi jalan raya) tapi janganlah risau. Buat kamu yang pakai mobil, mereka menyediakan parkir khusus di sebelah utara masjid. Parkirnya luas. Kalau yang pakai motor, bisa langsung parkir d halaman masjid. 

Selain parkir yang nyaman, toilet dan tempat wudhunya juga bersih dan luas. Kamar kecilnya banyak, ga cuma 3, ga harus antri lama. Tempat wudhu wanitanya juga tertutup. Dan ini penting, ada kaca besar tempat kita memastikan bahwa jilbab sudah dalam posisinya lagi. Kalau kamu habis sholat pingin lesehan, serambinya juga adem dan luas. Ga dilarang juga ngikut sekedar satu dua 'leran' di serambi. 

2. Masjid Beteng Binangun



Ini buat kamu yang sedang plesiran di daerah Malioboro, Alun-alun Lor atau di daerah pasar ngasem. Masjid ini, kami menyebutnya masjid Mbeteng, letaknya agak masuk tapi masih di pinggir jalan besar (maksudnya??). Maksudnya dia tidak di jalan pasar ngasem, tapi pas di belokan selatan beteng atau jalan Kadipaten Lor. 

Masjid ini memang tidak terlalu besar, tapi cukup memadai. Toiletanya juga tidak begitu oke, tapi sudah tertutup tempat wudhunya. Yang kurang cuma dalam tempat wudhu ga ada kacanya (hahahaha). Selain mudah dijangkau, kalau kebetulan habis sholat dan kamu laper, di sebelahnya ada penjual bakso dan mie ayam plus gorengan. Ke Timur sedikit kamu bisa beli beli kaos atau baju batik. 

Kenapa ga ke masjid gedhe Kauman aja? 

Jawabannya, masjid ini tidak terlalu ramai. Tidak seperti masjid Gedhe yang selalu rame oleh para pelancong, Jamah masjid ini adalah penduduk sekitar dan bapak-bapak pengemudi becak. Dan sesekali kami ikut meramaikan.

3. Masjid Al-Makmur



Kami baru menemukan masjid ini sebulan lalu dan langsung jadi masjid Fav. Letaknya dekat dengan rumah sebenarnya, tapi sangat cocok jika harus menghadapi waktu nanggung. Misal, keluar habis maghrib untuk makan malam, tapi mau lanjut mampir belanja dan takut kemaleman pulangnya (ini Nasywa tidur di jalan jadinya ga sholat Isya'), ke sinilah kami singgah. Atau habis jalan-jalan, sudah mau masuk ashar dan dalam perjalanan pulang tapi di awe-awe mirota. Ke sinilah kami sembunyi memantapkan hati, mau lanjut pulang atau mampir silaturahim dulu ke Mirota. 

Posisinya agak masuk. Google maps ga menjangkau ke dalam. Tepatnya seperti di gambar itu, setelah Bakso dan Es Buah PK ada pos polisi masuk ke selatan. Masjidnya besaaaar. Toilet dan tempat wudhu wanitanya tertutup krepekp pake pintu dan bersiiiiih airnya beniiiing. Udah gitu masjidnya enak semilir anginnya bikin betah. Mukenanya juga bersih-bersih. Tempat parkirnya juga luas. Mobil masuk, motor apa lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi masjid di Jogja yang pernah kami singgahi. Tapi ntar kebanyakan kalau disebutkan semuanya. Masjid-masjid ini sebenarnya hanya sebagai perwakilan dari sekian ratus (atau bahkan ribu) masjid yang ada di Jogja dan sekitarnya. Meskipun kadang masih suka mikir di mana mau sholat karena kebawa pas di Yamaguchi, tapi jawabannya selalu ada, di banyak tempat. Bisa milih mau yang besar apa kecil. Yang deket warung apa yang sepi sunyi. Karena Indonesia punya jutaan Masjid yang siap disinggahi.

Nah kalau sedang nge-Mall.... maka dari beberapa Mall baru di Jogja, yang paling kece musholanya adalah JCM alias Jogja City Mall (Jl, Magelang). Di setiap lantai ada musholanya. Letaknya mudah ditemukan dan bersih. Sayangnya, tempat wudhu wanitanya tidak tertutup meskipun kacanya memanjang jadi ga usah rebutan mau ngaca. Semoga ada management JCM yang baca artikel ini ya. Itu Pak, Buk, bagian tenpat wudhu wanitanya dikasi kelambu ya, biar para lelaki yg lewat ga usah harus menundukkan pandangannya. 



Comments

  1. tulisan yang isniratif....top...aku juga sering sholat di al makmur, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kafunsho, alergi pollen yang datang setiap tahun

Sudah sejak pertengahan Maret tahun ini saya merasakan siksaan setiap pagi yang bersumber dari hidung. Siksaanya berupa hidung meler dan gatel. Melernya itu bening dan banyaaaaak. Banyak banget lah pokoknya sehingga setiap pagi saya harus membawa serta tisyu kemana-mana bahkan ketika harus nongkrong di toilet. Saya kira saya kena flu, makannya saya minum sanaflu. Demikian kata mab Desy Ratnasari ya hehehe. Cuma yang aneh kok kalau saya flu tapi kenapa badan rasanya biasa aja. Ga kayak orang sakit flu gitu. Ok, sanaflu ga mempan maka saya beralih kepada vitamin C. Hampir setiap hari minum UC 1000. Saya agak khawatir juga sama ginjal karena 1000 mg itu guedeee banget lho. Ditambah saya ga begitu suka minum air bening yang fungsinya buat netralisir. Pak guru sempet bilang " Kamu kafun kali... kan sudah tahun ke-5 ini " Tapi saya tetep ga percaya. Masak iya sih kafun pas di tahun terakhir. Perasaan dari tahun tahun sebelumnya ga kayak gini deh masak tahun ini baru mulai.

Buat kamu yang masih ragu menulis di mojok. Iya kamu!

Beberapa pecan yang lalu tulisan ku lolos meja redaksi mojok.co (link nya http://mojok.co/2016/03/surat-untuk-bu-ani-yudhoyono/ ). Web favorit anak muda yang agak nyleneh tapi asyik ini memang menantang sekali. Para penulisnya kebanyakan anak muda-muda yang berdaya nalar mletik. Pinter tapi unik. Yang sudah berumur ada juga sih, kayak si Sopir truk Australia, atau kepala suku Mojok, Puthut EA dan juga wartawan senior Rusdi Mathari. Mereka itu guru maya menulis yang baik. Tulisan mereka, kecuali si supir truk, mengalir dengan indah. Sederhana tapi penuh makna. Alurnya jelas. Kalimatnya mantap tidak pernah bias. Aku selalu dibuat kagum dengan tulisan-tulisan mereka, bahkan yang hanya status Fb. Yang selalu menjadi icon dan lumayan bullyable di mojok itu adalah Agus Mulyadi. Anak muda yang terkenal karena kemrongosan giginya ini selain jadi photosop juga jago nulis. Tulisan-tulisannya di Blog pribadinya khas sekali. Dengan umpatan-umpatan khas magelangan. Plus cerita-cerita lugu yang

Beda Negara, Beda Kota, Beda Vibes-nya [Part 1]

Ga nyampe dua bulan udah mau kelar tahun 2023 ini. Doa-doa di akhir tahun lalu dikabulkan dengan bonus-bonus yang luar biasa. Minta tahun 2023 diisi dengan banyak jalan-jalan, eh beneran dikasi banyak perjalanan baik dalam provinsi beda kabupaten sampe ke luar negeri. Kadang sehari bisa dari pagi mruput ke timur selatan naik-naik ke Gunung Kidul, agak siang turun ke utara kembali ke Sleman, lalu sorenya udah harus ke barat meskipun tujuannya bukan mencari kitab suci. Ada banyak banget PR menulis yang belum sempat dikerjakan. Baik menulis paper maupun menulis catatan perjalanan. Biar ikut les menulisnya itu adalah sibgha hnya ya 👀. Oke lah kita mulai mengerjakan PRnya satu-satu. Tadi pas nongkrong sempet kepikiran mo berbagi kesan saat jalan-jalan ke berbagai negara tahun ini. Kesan ini tentu sifatnya sangat subjektif ya. Masing-masing orang bisa menangkap kesan yang berbeda. Ini menurutku saja, mungkin kamu berbeda, ga papa ga usah diperdebatkan.  1. Bangkok, Thailand     Sampai Bangk